10 Tanda atau Ciri Ibu Hamil Anak Kembar

Memiliki anak atau keturunan setelah berumah tangga tentunya impian setiap pasangan.

terlebih jika kita mengetahui anak yang sedang dalam kandungan merupakan anak kembar, kebayang dong betapa lucu dan gemas nya.

tanda hamil kembar
tanda hamil kembar

Pada kesempatan kali ini womenshealth.co.id akan memberikan sedikit tanda atau ciri ibu hamil anak kembar. Ciri atau tanda ini dapat berbeda antara wanita satu dengan yang lainnya.

Ciri Hamil Anak Kembar

Berat Badan Naik Drastis

Hal yang wajar mengalami kenaikan berat badan pada saat sedang hamil, Namun tanda hamil kembar mengalami kenaikan berat badan pada sang ibu mulai dari 7 kg sampai 12 kg pada trimester kedua. Sedangkan pada umumnya, masa kehamilan trimester ketiga hanya mengalami kenaikan mulai dari 5 kg sampai 10kg.

Rasa Mual yang Parah

Bagi ibu hamil, mual merupakan sebuah hal yang wajar, namun tidak untuk tanda hamil anak kembar, kalian akan mengalami mual yang sangat parah dibandingan dengan hamil anak tunggal.

Terdengar Dua Atau Lebih Detak Jantung

Pada masa trimester masa kehamilan, dokter biasanya akan mendengar dua detak jantung yang terpisah. Namun ciri anak kembar tentunya memiliki detak jantung yang berbeda dan membutuhkan diagnosis kemahilan lanjutan oleh sang dokter atau bidan.

Hasil AFP Tinggi

Apa itu AFP ? AFP atau Alpha fetoprotein yang tinggi merupakan tanda hamil anak kembar, karena tes AFP yang dilakukan untuk mengukur protein yang dikeluarkan oleh hati janin.

Namun tidak semua hasil AFP tinggi adalah ciri sedang hamil anak kembar, Pada saat hamil tunggal pun bisa saja terjadi AFP yang tinggi dan biasanya dokter akan melakukan USG untuk meyelidiki peyebabnya.

Itulah tanda atau ciri hamil anak kembar, selain faktor tersebut, faktor genetika atau keturunan juga dapat meyumbang hamil anak kembar.

Baca Juga : Cara cepat hamil dan segera punya anak