7 Makanan yang bisa Mempercantik Kulit

Banyak wanita mendambakan kulit wajah lembut, halus, putih, cerah. Tak sedikit yang bahkan rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli kosmetik super-mahal. Padahal, kalau tahu rahasianya, tak butuh biaya besar. Sebab, alam sudah menyediakan semuanya. Salah satu yang bisa Anda andalkan adalah antioksidan yang bisa Anda temui pada buah dan sayur. Konsultan gizi, dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, menyebutkan, antioksidan berasal dari phytochemical, yaitu zat warna yang melekat di kulit buah. Makin cerah dan kinclong warna buah atau sayur, makin banyak pula kandungan antioksidannya.

Menurut Women’s Health advisor, Lisa Drayer, R.D., penulis buku The Beauty Diet, cara terbaik mempercantik kulit adalah dengan menyehatkan sel-sel kulit dari dalam. “Menutrisi kulit dengan makanan, adalah cara terbaik untuk mendapat kulit sempurna.” Jadi, daripada melapisi wajah berminyak dengan bedak tebal berharga ratusan ribu rupiah, atau menyerapnya dengan berlembar-lembar kertas minyak, halau saja mereka selamanya dengan bahan-bahan makanan yang dapat dengan mudah Anda temui di supermarket. Yuk, mulai berburu makanan terbaik untuk kecantikan kulit Anda.

7 Makanan untuk Menghaluskan Kulit Tubuh

1. Almond

Keliru kalau Anda menyangka almond adalah sejenis kacang-kacangan. Almond  sebenarnya adalah biji yang berasal dari buah almond. Biji ini kaya akan vitamin E, pelindung kulit dari sinar ultra violet (UV). Responden yang mengonsumsi 14 miligram vitamin E per hari (setara dengan sekitar 20 biji almond) dan kemudian terpapar sinar UV, mengalami masalah kulit terbakar (sunburn) lebih sedikit dibanding mereka yang tidak mengonsumsi almond. “Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel kulit dari efek sinar UV dan faktor lingkungan lain yang memicu produksi radikal bebas, si perusak sel,” jelas Jeffrey Dover, MD, profesor klinis dermatologi dari Yale University. Dapat diganti: 2 sdm selai kacang, atau ½ cangkir brokoli.

2. Wortel

Ia sering dianggap sahabatnya mata. Padahal wortel juga punya manfaat untuk membersihkan jerawat. Ini karena wortel kaya vitamin A. “Vitamin ini membantu mencegah kelebihan produksi sel di lapisan luar kulit,” kata Howard Murad, MD, profesor klinis asosiasi dermatologi di UCLA David Geffen School of Medicine. Di lapisan luar kulitlah tempat berkumpulnya sel-sel mati dan sebum yang dapat menyumbat pori-pori. Alasan lain untuk memilih wortel sebagai camilan: Vitamin A juga mengurangi perkembangan sel kanker kulit! Untuk mendapatkan manfaat itu, Anda disarankan mengonsumsi wortel setengah cangkir per hari. Dapat diganti: Susu (1 cangkir), keju cheddar (1 slice).

3. Dark Chocolate

Bisa dibilang, dark chocolate adalah obat untuk masalah kulit kasar. Kuncinya ada pada flavonol, antioksidan yang terkandung dalam dark chocolate. Selain menghaluskan kulit, flavonol juga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan The Journal of Nutrition, wanita yang minum cokelat dengan kandungan 326 miligram flavonol, memiliki tekstur kulit yang lebih baik dan lebih tahan terhadap efek sinar UV daripada mereka yang minuman cokelatnya hanya mengandung sejumlah kecil flavonol. Jadi, tak ada salahnya, kok, memanjakan diri dengan mengulum beberapa potong dark chocolatesehari. Dapat diganti: Buah blackberryblueberry, ceri, raspberry (Sayangnya, harus dikonsumsi dalam jumlah besar untuk mendapatkan efek yang sama!)

4. Teh hijau

Teh hijau memang punya sederet manfaat. Jika diseduh, daun teh hijau akan mengeluarkan kandungan katekinnya, sejenis antioksidan yang memiliki sifat antiinflamasi dan antikanker. (Tapi, kandungan antioksidan pada teh akan menurun begitu minuman dingin, jadi minumlah selagi panas, ya!) Studi yang dilansir The Journal of Nutritional Biochemistry tahun 2007 menemukan bahwa minum 2 sampai 6 cangkir sehari tidak hanya membantu mencegah kanker kulit, tetapi dapat membalikkan efek sinar matahari yang merusak dengan menetralkan perubahan yang muncul pada kulit yang terpapar sinar matahari. Dapat diganti: Teh putih.

5. Bayam

Daun ini bisa membantu Anda memerangi berbagai penyakit. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan International Journal of Cancer, orang yang mengonsumsi sayuran risiko terkena tumor kulit akan turun 50% dalam waktu 11 tahun dibanding mereka yang mengonsumsi lebih sedikit sayur. Diperkirakan, folat dalam sayuran ini dapat membantu memperbaiki dan mempertahankan kemampuan sel DNA dalam memperbaharui diri. Kata Lisa, hal inilah yang mengurangi kemungkinan pertumbuhan sel kanker. Bonusnya: Kandungan air dalam sayuran hijau ini akan menembus membran sel, dan membuat kulit lebih chubby serta menghapus kerut. Dapat diganti: Sawi hijau.

6. Ubi Jalar

Tak hanya enak, ubi jalar juga sarat dengan vitamin C yang punya kemampuan menghaluskan tampilan kulit keriput. “Vitamin C sangat penting untuk produksi kolagen,” kata Jeffry, “dan semakin banyak kolagen yang Anda miliki, semakin sedikit pula kerut pada kulit Anda.” Bahkan, sebuah penelitian terbaru di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, relawan yang mengonsumsi sekitar 4 miligram vitamin C (sekitar setengah ubi jalar ukuran kecil) setiap hari selama 3 tahun, mengalami penurunan munculnya keriput sebesar 11 persen. Dapat diganti: 2 wortel ukuran besar atau 16 buah wortel kecil, jus jeruk (177 ml).

7. Tomat

Masaklah tomat hingga sedikit layu, dan sayur ini pun dapat membantu menyelamatkan kulit Anda. Mengapa? Menurut Howard, likopen, sejenis fitokimia yang membuat tomat berwarna merah, membantu menghilangkan radikal bebas pada kulit yang mengalami penuaan akibat sinar UV. Tubuh Anda mendapat keuntungan paling besar dari nutrisi tomat ketika sayuran ini dipanaskan. Setengah cangkir tomat masak, atau saus pasta dengan kandungan 16 miligram likopen, memiliki fungsi yang sama dengan tabir surya, dan itulah dosis harian yang tepat untuk membantu menjaga kulit Anda terhindar dari efek sunburn. Dapat diganti: Semangka.