Makanan dan Minuman yang boleh dan tidak boleh di makan pada saat hamil

Hamil merupakan sebuah kebanggaan tersendiri untuk pasangan yang sudah menikah, terlebih jika sudah menunggu dalam waktu yang lama.

Cara cepat hamil agar cepat memiliki anak sudah pernah womenshealth.co.id ulas beberapa waktu yang lalu.

Pada kesempatan kali ini womens health indonesia akan membahas makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh di makan pada saat hamil muda.

Makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil

Seafood

Seafood seperti ikan dan kerang tentunya memiliki kandungan protein yang saat baik untuk tubuh. Namun, untuk ibu hamil, makan ikan, kerang atau cumi sangat tidak disarankan mengingat kandungan merkuri yang terdapat pada jenis aneka seafood dapat membahayakan tumbuh kembang otak anak.

Seafood
Seafood

Makanan Mentah

Makanan mentah seperti lalapan dan sushi menjadi salah satu makanan yang tidak boleh di makan oleh ibu hamil. Karena ibu hamil dapat ‘mentransfer’ infeksi toksoplasma kepada janin yang nanti nya dapat memicu kebutahaan dan disabilitas pada janin.

Telur Setengah Matang

Telur setengah matang sangat bahaya jika di komsumsi oleh ibu hamil, karena dalam kondisi setengah matang, masih terdapat bakteri yang dapat membahayakan sang buah hati dalam kandungan.

Makanan yang tidak di Pasteurisasi

Keju, Susu Segar, Jus yang tidak dilakukan pasteurisasi bisa mengandung bakteri berbahaya seperti Listeria, Salmonella, E. coli, dan Campylobacter,.

Pasteurisasi adalah proses untuk mematikan bakteri paling efektif tanpa mengurangi atau merubah nutrisi dari makanan itu sendiri.

Alkohol

Minuman yang harus di hindari pertama kali untuk ibu hamil adalah alkohol. Alkohol dapat menyebabkan keguguran dan kematian kepada calon bayi ketika lahir.

Kafein

kafein
kafein

Buat ibu yang suka meminum minuman kekinian, ada baiknya mengurangi bahkan menghilangkan. Memang tidak ada kontribusi langsung kepada calon buah hati lahir prematur dan keguguran.

Namun, di khawatirkan kepada ibu hamil yang suka mengkomsumsi minuman kekinian akan mengalami dehidrasi akibat sifar deuretiknya yang terdapat pada kafein.

Dehidrasi pada masa kehamilan juga dapat membuat berkurangnya air ketuban yang bisa menjaga bayi dalam rahim.

Makanan yang boleh dimakan ketika hamil

Biji – Bijian

Biji-bijian
Biji-bijian

Seorang ibu hamil disarankan banyak mengkomsumsi biji-bijian, karena ibu hamil sangat membutuhkan serat yang bergizi dan rendah kalori.

Air Kelapa

Air kelapa sangat baik untuk ibu hamil, selain itu ‘konon’ air kelapa dapat membuat sang buah hati terlahir lebih putih

Buah – Buahan

buah- buahan
buah- buahan

Buah – buah terkenal akan khasiat dan manfaat nya, selain memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh, kalian harus teliti sebelum mengkomsumsi buah-buahan, karena ada beberapa buah yang dapat membahayakan kehamilan.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang harus di hindari terlebih dahulu pada masa kehamilan. tunggu informasi penting lainnya tentang kehamilan dari tim womenshealth.co.id ya.